e-mail
E-Mail
(Electronic Mail) adalah sebuah fasilitas komunikasi dalam
Internet yang berfungsi mengirim surat secara elektronik yang dapat menjangkau
ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan
yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu.
1.
Cara Membuat E-mail
1. Buka
http://mail.google.com/ atau
http://gmail.com , tampilannya seperti dibawah ini
Lalu Klik bagian Pojok kanan
atas, Create an Account, untuk membuat akun gmail baru anda
2. Lalu akan muncul Seperti
Gambar dibawah ini, Isikan apa yang perlu diisikan
Jika Teman teman kebingungan,
bisa ikuti Gambar diatas, atau ikuti Petunjuk dibawah
- Name : Pada Bagian First Name,
anda isikan dengan Nama Awal anda, Pada Bagian Last Name Diisikan dengan nama
Akhir Anda
- Choose your Username : Silahkan
tentukan alamat email anda nantinya jadi seperti apa @gmail.com
- Choose a Password : Silahkan
isi dengan Password anda
- Confirm a Password : Ulangi
Pasword yang anda isikan diatas
- Birthday : Silahkan anda isi
sesuai dengan Bulan, Tanggal, Dan Tahun anda lahir
- Gender : Silahkan Pilih Jenis
kelamin anda
- Mobile Phone : Isikan dengan
nomor HP anda yang aktif, ini untuk pengaktifan akun atau Sebagai Recrovery
Email anda Jika anda lupa password
- Your Current Email Addres :
Isikan dengan email anda yang telah ada, bisa juga anda kosongkan, jika teman
teman baru pertama kali membuat email
- Prove you’r not a bot : Isikan
Kotak dibawah sesuai dengan Gambar yang tertera
- Selanjutnya beri centang pada I
agree to the google Terms of Service and Privacy Policy
- Lalu Klik Next Page
3. Akan Muncul Seperti Gambar
dibawah ini
Pada Step ini, teman teman bisa
mengupload Foto untuk Gmail teman teman, dengan cara Add Profile Photo, atau
bisa juga melewati, tinggal klik Next Step
4. Tinggal Step Terakhir, dan
Akun email di Gmail anda akan jadi
Anda tinggal Klik Continue to
Gmail
5. Akun Gmail anda telah jadi dan
siap untuk digunakan
Anda telah masuk ke halaman gmail
anda, dan email baru anda siap untuk digunakan..
Untuk Membuka email anda, bisa
menuju ke http://gmail.com atau http://mail.google.com lalu isikan email dan
password yang telah teman teman buat sebelumnya.
2.
Cara cek, mengirim, dan membalas
a.
Pada URL web
browser ketik gmail (tekan ctrl+enter) [ ini trik cara cepat
buka situs dengan extention .com]
b.
Masukkan
account gmail anda (boleh hanya nama atau lengkapnama.anda@gmail.com)
masukkan password nya
Tips : jika computer yang anda pakai adalah milik pribadi maka anda bisa member tanda cek list untuk menyimpan password anda secara otomatis,setiap kali kamu mebuka gmail, tidak perlu mengetikkan password.Tapi jika anda membuka email di tempat umum/warnet,jangan sekali-kali mencek tanda ini, karena orang lain bisa membuka email anda, karena browser menyimpan password anda
Tips : jika computer yang anda pakai adalah milik pribadi maka anda bisa member tanda cek list untuk menyimpan password anda secara otomatis,setiap kali kamu mebuka gmail, tidak perlu mengetikkan password.Tapi jika anda membuka email di tempat umum/warnet,jangan sekali-kali mencek tanda ini, karena orang lain bisa membuka email anda, karena browser menyimpan password anda
c.
Tekan tombol
sign in.
Cara mengirim
mail/surat
Setelah kamu
masuk ke account gmail, kamu bisa mengirim mail surat
keteman/rekan
kamu, caranya
1. Pada halaman email klik Compose mail di sebelah kiri
atas, Masukkan alamat email tujuan kamu, jika lebih dari satu maka dapat
dipisahkan dengan tanda , (koma). Contoh : kawan1@gmail.com ,
teman2@yahoo.co.id, boss@hotmail.com .
Tips : kamu bisa sekaligus mengirimkan cc (copy carbon) ke alamat email yang lain atau bcc (black copy carbon) [ bcc : penerima email utama tidak mengetahui bahwa anda mengirim email ke alamat yang di bcc]
Tips : kamu bisa sekaligus mengirimkan cc (copy carbon) ke alamat email yang lain atau bcc (black copy carbon) [ bcc : penerima email utama tidak mengetahui bahwa anda mengirim email ke alamat yang di bcc]
2. Tulis subject judul mail anda, kemudian tulis pesan
yang akan kamu sampaikan.
3. Jika kamu akan melampirkan file lainnya (seperti file
gambar,docukumen lain) klik attach a file, dibawah kotak judul atas.
4. Setelah pesan dan lampiran selesai tekan tombol send.
( Tips : jika kamu belum selesai menulis, kamu bisa menyimpan dahulu sebelum
terkirim : tekan save,maka mail kamu tersimpan di draft, dan bisa kamu edit
kembali di lain waktu. jika kamu tidak jadi / salah menulis mail bisa kamu
hapus , tekan discard)
5. Tunggu berapa saat, jika keluar pemberitahuan mail
anda telah terkirim, berarti anda telah berhasil mengirimkan email. Bisa anda
cek di bagian send
Cara membalas
dan meneruskan mail yang anda terima.
1. Lihat mail yang anda terima di inbox, klik mail tsb
untuk membukanya,setelah anda baca, jika anda akan membalas maka ketik balas.
2. Jika anda hanya ingin meneruskan mail tersebut ke
teman anda ketik forward dan masukkan alamat email tujuan. Tips : jika email
yang kamu terima ada lampiran (attachment) dan kamu ingin memforward email
tanpa lampiran, kamu bisa menghilangkan tanda (V) checklist pada file
attachment.
sumber :
http://ngenet.web.id/cara-dan-tips-mengelola-gmail.html
sumber :
http://ngenet.web.id/cara-dan-tips-mengelola-gmail.html
Istilah-istilah dalam E-mail
1. Address: alamat e-mail, tanda @ mutlak harus ada
dalam e-mail
2. Inbox: kotak masuk e-mail yang dikirim kepada anda
3. Draft: tempat untuk memuat e-mail yang belum
dikirim
4. Outbox: e-mail keluar, folder tempat penampungan
sementara/sesaat email pada saat akan di kirim. Jika email telah terkirim maka
folder ini akan kosong kembali.
5. Spam: email yang tak diinginkan oleh si penerima
yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal (biasanya berbau komersil, kadang
juga politis).
6. Sampah: folder untuk menyimpan pesan yang telah
dihapus untuk sementara, dan pesan tersebut dapat terhapus kapan saja.
7. CC : copy carbon, dapat melakukan pengiriman email
yang sama ke banyak alamat. Fasilitas ini tidak menyembunyikan alamat email
penerima lainnya sehingga semua penerima email dapat melihat semua penerima
email yang lainnya.
8. BCC : blind copy carbon, dapat melakukan pengiriman
email yang sama ke banyak alamat, dimana penerima tidak akan dapat melihat
alamat penerima lainnya.
9. Attachment : lampiran, istilah untuk dapat
melampirkan beberapa file bersama email yang di kirim. Selain pesan dalam email
tersebut, juga dapat melampirkan beberapa file yang terbatas pada ukuran
tertentu, sesuai dengan ketentuan dari penyedia jasa email tersebut.
10. Bounce (pentalan, mental): pesan yang dikembalikan
kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena
sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
11. Bot: software tertentu yang bertindak mewakili
orang.
12. Mailbot: software tertentu yang membalas email
secara otomatis.
13. Listbot: software tertentu yang mengendalikan
distribution list atau mailing list.
14. Listserver: sama dengan listbot.
15. Subscribe: mendaftarkan email kita sebagai peserta
mailing list atau newsgroup.
16. Unsubscribe: memutuskan hubungan dengan sebuah
mailing list atau newsgroup.
17. Post: mengirim email ke mailing list atau
newsgroup.
18. Flame: pesan kasar atau tidak sopan.
19. Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang
amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program
khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.
20. Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send
yaitu untuk mengirim sebuah mail baru.
21. Mailbox : istilah untuk sebuah account email
dengan kapasitas penampungan tertentu yang di baut pada sebuah mail server.
22. Mail Server : server yang melayani dan mengatur
proses pengiriman dan penerimaan email.
23. Outlook : program mail client yang banyak
digunakan saat ini. Ada 2 jenis Outlook yaitu Outlook Express (program standar
bawaan Windows yang biasanya sudah ada ketika Anda menginstall Windows) dan
Microsoft Outlook (program bawaan dari Microsoft Office).
24. Forward: melakukan penerusan sebuah email ke
penerima lain.
25. Delivery Receipt: info yang diterima pengirim
bahwa penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di
mail clientnya
26. Filters: Penyaring email yang masuk.
27. Header: Kepala email, berisi informasi penting
mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll.
28. HTML Email: Email yang berisikan gambar dan teks
29. IMAP: Metode pengaturan email yang anda terima
30. Mail Transper Agent (MTA): Sistem yang bertugas
meneruskan dan menghantarkan pesan email
31. Plain-text mail: Email yang hanya teks saja
32. POP3: Protokol yang digunakan untuk proses
penerimaan email
33. Preview Pane: Halaman yang digunakan untuk membaca
email tanpa harus membuka satu halaman baru
34. SMTP: Sebagai protocol yang mengatur pengiriman
pesan email
35. Vacation messege: Untuk menginformasikan kepada
pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email
ETIKA MENULIS EMAIL
1. Gunakan salam pembuka
Contoh : Selamat
Pagi/Dear/Yth.Bapak/Ibu
2. Pergunakan kalimat dengan jelas &
singkat, jangan bertele-tele
Contoh : Mohon di baca kembali
Kontrak Lead Time Pengiriman
dari Bogor s.d Soroako
3. Jangan menggunakan huruf BESAR di seluruh
kalimat
Penggunaan huruf
besar di seluruh kalimat menimbulkan persepsi, bahwa Anda sedang marah-marah
4. Jangan menggunakan tanda baca yang
berlebihan
Contoh : Mohon bantu action
segera!!!! jika ada permintaan request delivery
urgent dari kami ya pak,,, ? Penggunaan tanda baca berlebihan, menimbulkan
persepsi yang negatif
5. Jangan menggunakan kalimat yang kurang
lazim
Contoh : Jika pengiriman ini gatot,
bisa jadi selanjutnya kt pake
expedisi eksternal ajah lho yo pak? Penggunaan kalimat / kata-kata yang kurang lazim,
menunjukkan Anda kurang professional
6. Penggunaan warna huruf
Warna huruf
sebaiknya berwarna gelap seperti : hitam dan biru tua
1.
Pemilihan jenis huruf
Jenis huruf yang
lazim digunakan di dunia professional, seperti : arial, arial narrow,
trebuchet, callibri, dll
8. Dahulukan nama customer sebelum kolega
internal pada kolom To atau Cc
9. Jika meminta bantuan, pergunakan kata-kata
Mohon bantuannya
10. Bacalah benar-benar e-mail yang Anda
terima
Bacalah benar-benar
e-mail yang Anda terima, karena seringkali menimbulkan beragam persepsi
11. Ucapkan Terima kasih di akhir kalimat
TIPS
BERKIRIM EMAIL
1. Hindari Spam, Bombing
Spamming adalah
pengiriman email secara berulang-ulang dengan topik berbeda atau sama. Sedang
email bomb adalah
pengiriman email dengan subject sama secara bertubi-tubi dengan maksud mailbox
penerima cepat penuh.
Termasuk spamming
adalah mengirim email terlalu sering, kecuali diminta.
2. Jangan mem-forward E-mail tanpa di edit
Seringkali kita punya berita bagus yang perlu kita
teruskan/forward ke orang lain. Kalau setting si penerima masih manual, pesan
yang diforward itu setiap line akan dihiasi oleh tag seperti ini: >
.
Usahakan tag-tag ini dibuang dulu biar email kelihatan rapi. Kalau anda orang pertama yg memforward, baru satu tag saja setiap barisnya. Tapi kalau anda yang ke 2, 3, 4 dst, maka tagnya terus bertambah. Email jadi tidaK menyenangkan. Dalam memforward ini, rule #1 juga harus digunakan yaitu, jangan terlalu sering.
Usahakan tag-tag ini dibuang dulu biar email kelihatan rapi. Kalau anda orang pertama yg memforward, baru satu tag saja setiap barisnya. Tapi kalau anda yang ke 2, 3, 4 dst, maka tagnya terus bertambah. Email jadi tidaK menyenangkan. Dalam memforward ini, rule #1 juga harus digunakan yaitu, jangan terlalu sering.
3. Ganti judul email bila perlu
Biasanya ini musti dilakukan dalam sebuah forum
atau mailing list. Saking asyiknya balas-balasan, topiknya
jadi bergeser. Kalau subject pembicaraan sudah
bergeser, gantilah subjeknya. Tentu ini ada alasanya, selain
tidak membingungkan peserta lain,
pencarian/pelacakan file-file topik diskusi yang sudah lewat jadi mudah.
4. Body replay jangan dikirim semua
Lama-lama email yang kita reply akan tertambah
sizenya. Hal ini terjadi karena tiap kali kita membalas
email, seluruh email yang akan kita balas kita
kirimkan lagi. Untuk menghindarinya, hapuslah sebagian body
email yang akan kita reply. Sisakan
kalimat-kalimat yang perlu kita jawab saja.
5. Jangan tanggapi email TBC
Anda mungkin pernah menerima email yang menyuruh
anda untuk meneruskannya ke sejumlah orang,
upaya bernasib baik. Kalau tidak diteruskan ke
sekian orang, maka anda akan ketimpa sial. Email semacam
ini jangan ditanggapi. Ini namanya email TBC
(takhayul, bid’ah dan khurafat). Teruskan saja ke tong sampah.
6. Jaga account orang lain
Kalau anda mereply atau berkirim email, jangan
sertakan email-email yang tidak anda kenal atau anda kenal
dalam heading “To” nya. Kalau itu anda lakukan,
sama saja anda memaksakan anak gadis anda berkenalan
dengan lelaki yang bukan muhrimnya. Akibatnya
accaount email-email orang yang muncul di email orang
lain, bisa tersebar luas, dibajak, dan dispam.
Kalau terpaksa mengirim email ke puluhan atau ratusan orang,
gunakan header BCC (blind carbon copy), supaya
alamat-alamat email yg banyak itu tidak muncul di
halaman muka penerima email anda.
7. Hindari full caps lock /
huruf besar semua
Supaya menarik perhatian pembaca, kadang kita
menggunakan huruf besar alias capital word, yang di
keyboard disebut caps lock.
Menggunakan huruf besar secara full, akan mendapat image, bahwa anda
sedang marah dan tidak tahu etika. Tampilan email
pun jadi tidak menarik kalau penulisannya menggunakan
huruf besar semua. Gunakan caps bila mana PERLU
saja. Kalau tidak PERLU tidak perlu DIGUNAKAN
8. Hindari kalimat singkat dalam
Misalkan teman anda panjang lebar menulis email,
bercerita tentang keindahan alam Mesopotamia. Lalu
anda membalasnya dengan kalimat singkat, “oh
ya?”atau “enak ya”, “benarkah” dan semacamnya. Kalau
belum punya konsep, mendingan tidak usah mereply
emailnya. Sebab kalimat ungkapan begitu cuma
bikin gregetan dan hanya pantas diketik di chating saja
bikin gregetan dan hanya pantas diketik di chating saja
9. Cek ulang sebelum di send
Setelah email rapi ditulis, luangkan waktu untuk
mengecek ulang ejaan, susunan kalimat dan kalau perlu
tata bahasanya. Sebab sekali tombol “send kita
klik, tidak bisa dicancel atau dibatalkan. Semuanya
langsung terkirim ke recipient dalam hitungan
detik.
10. Bersabarlah menerima balasan
Kalau sudah dikirim, sabarlah menanti balasannya.
Sebab tidak semua orang punya akses yang mudah
Sumber:
MAILING LIST
Mailing List juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu
sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk
melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke
alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh
anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran
informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.
0 komentar:
Posting Komentar